Kendari-Makassar-Manado Butuh Jalur Kereta Api

Manado-Makassar-Kendari Butuh Jalur Kereta Api

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang meminta pemerintah pusat segera membangun jalur kereta api di pulau Sulawesi. Jalur kereta ini dibutuhkan untuk menghubungkan kota Makassar, Manado dan Kendari.

Dengan adanya jalur kereta di tiga kota utama Sulawesi itu, mahalnya biaya transportasi yang selama ini dikeluhkan pengusaha, bisa ditekan.

“Jika antara pulau Jawa dan Sumatera akan dibangun Jembatan Selat Sunda, kami di Sulawesi hanya butuh kereta api,” kata Agus saat Sarasehan Ekonomi 2013 di Grand Clarion Hotel, Senin 8 April 2013.

Menurut Agus, Sulawesi memiliki potensi sumber daya alam melimpah. Namum potensi itu belum dimanfaatkan secara maksimal karena buruknya infrastruktur. Dengan adanya jalur kereta api yang menghubungkan kota-kota besar di pulau Sulawesi, Agus yakin, semua hasil bumi milik masyarakat bisa dengan mudah dan cepat sampai ke tempat tujuan. “Tidak akan ada lagi hasil bumi yang rusak sebelum sampai ke pasar,” katanya.

Jalur kereta api di Sulawesi sudah masuk dalam tahap perencanaan. Sulawesi Selatan akan memulainya dengan membangun proyek kereta api lintas Maros, Makassar, Sungguminasa, Takalar (Mamminasata). Dana yang dianggarkan untuk pembangunan lintasan sebesar Rp 4 triliun.

sumber dan foto : tempo.co / id.berita.yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s