Ibu Wagub Sultra Kunjungi Pusat Kebudayaan Wolio

kebudayaan wolioKamis 21 Februari 2013 Tepatnya pukul 10 Pagi, ibu Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Ny Itoh Saleh Lasata bersama dengan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Baubau Ny. Sartini Tamrin, S.Pd. mengunjungi Pusat Kebudayaan Wolio yang berada di Kel. Badia Kecamatan Murhum Kota Baubau.  Bersama dengan beberapa tamu yang berasal dari Kota Bandung kedatangan Ny Itoh  disambut langsung oleh Wakil Walikota Baubau Ny Wa Ode Maasra Manarfa yang juga merupakan salah Kerabat dari Sultan Buton ke La Ode Manarfa .

Setelah sedikit bercengkrama dengan Ny Maasra Manarfa Ibu Wakil Gubernur Sultra Ny  Itoh saleh lasata  bersama dengan rombongan langsung bergegas mengelilingi hampir setiap sudut runagan yang ada di bangunan yang biasa juga dikatakan sebagai musium peninggalan sejarah wolio ini.  Begitu banyak yang menarik perhatian Beliau bersama rombongan, salah satunya yaitu foto-foto tempo dulu yang secara umum berhasil menggambarkan sejarah singkat mengenai  kesultanan Buton.

Perjalanan tidak hanya sampai di lantai utama, dengan keadaan yang masih tetap semangat beliau bersama rombongan kemudian naik ke lantai atas. Disini mereka disuguhi dengan benda-benda antik peninggalan Sultan. diataranya, peralatan masak yang terbuat dari besi dan ukurannya relatif besar. Sembari memperhatikan benda-benda peninggalan sejarah, bersama dengan rombongan Ny Itoh Saleh Lasata juga terus menyimak penjelasan mengenai fungsi dan manfaat dari  benda-benda peninggalan sejarah yang ada di Musium ini.

Kunjungan pun selesai Setelah hampir satu jam mengelilingi setiap sudut ruangan yang ada di musium ini. sebelum berpamitan Ny Itoh menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus kekaguman terhadap  kelestarian peninggalan sejarah yang ada di Kota Baubau. “ Hampir semua sudut di Kota Baubau ini mempunyai situs-situs peninggalan sejarah yang masih tetap terus terjaga kelestariannya salah satunya adalah Pusat Kebudayaan Wolio ini, ini harus terus dilestarikan da dapat dijadikan sebagai obtek wisata khusunya wisata Budaya.” Ungkap Beliau.(Sumber : baubaukota.go.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s