Pemprov Sultra Jaring Pemuda Pertukaran Antaranegara

pertukaran pemudaPemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penjaringan dan seleksi secara ketat bagi para pemuda guna diikutkan program pertukaran pemuda antarnegara sahabat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sultra, La Tandowele mengatakan, Empat negara yang menjadi tujuan pertukaran pemuda adalah Malaysia, Australia, Canada dan Jepang.

“Kemitraan antarnegara dalam hal pertukaran antarpemuda sudah terjalin sejak lama. Banyak hal-hal positif yang menguntungkan antarnegara,” kata La Tandowele, di Kendari, Jumat, (8/3).

Pemerintah memilih Empat pemuda handal untuk mengikuti program pertukaran pemuda, masing-masing di Malaysia, Australia, Canada dan Jepang.

Kriteria utama mengikuti program pertukaran pemuda antarnegara adalah menguasai bahasa negara tujuan, berwawasan nusantara dan memiliki kemampuan mempromosikan budaya daerah Sultra serta nasional.

“Pemuda yang mengikuti program pertukaran pemuda antarnegara mengemban misi kebangsaan. Mereka dianggap pantas mengangkat harkat dan martabat bangsa,” ujarnya.

Waktu yang dibutuhkan dalam program pertukaran pemuda bervariasi yakni Malaysia selama dua pekan dan Jepang selama enam bulan.

“Kita semua berharap duta pemuda asal Sultra mampu mengemban misi negara. Mereka harus mampu mengharumkan nama bangsa,” pungkas Tandowele.(Sumber : sultra.kemenag.go.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s