Perumahan Suku Bajo Jadi Objek Wisata

objek-wisata-bajoMasyarakat suku Bajo yang mendiami pemukiman di Mola Raya, akan menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Wakatobi. Dinas Parawisata setempat, kini tengah menata perkampungan di atas air laut tersebut.
Tawakkal, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wakatobi mengatakan agar pemukiman warga di Mola Raya lebih menarik dan tertata pihak Dinas Parawisata sedang melakukan pembangunan infrastruktur. Baik itu jalan setapak penghubung yang semula tumpukan batu, dibangunkan struktur jalan rabat dan pembangunan titian yang kokoh.

“Sebagian rumah-rumah tancap yang tadinya tidak ada penghubung jembatan titian, telah dibangunkan jembatan titian yang kokoh, sehingga antara satu warga dengan warga lainnya, dapat berinteraksi dengan lancar,” ujar Tawakkal, Rabu (23/1) lalu.

Agar suasana pemukiman itu tetap terlihat alami, pembangunannya tidak menutup kanal-kanal di wilayah pemukiman Mola dengan timbunan. Karena kanal-kanal itu, berguna sebagai jalur transportasi warga selama ini, dengan menggunakan sampan.

“Saat warga menggunakan kanal-kanal sebagai jalur transportasinya, disitulah sisi menariknya dari nilai kepariwisataannya. Ditambah lagi, kanal-kanal ini, harus dijaga warga agar tetap jernih,” terang Tawakal.(Sumber : kendarinews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s