Menpora usulkan nama pendiri PSSI untuk Stadion Gedebage

menpora-usulkan-nama-pendiri-pssi-untuk-stadion-gedebage

Menteri Pemuda dan Olahraga (Mepora) Roy Suryo mengusulkan nama untuk Stadion Gedebage, Bandung yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. Roy ingin mencantumkan nama Soeratin, yang merupakan pahlawan sejarah perjalanan Sepak Bola Indonesia.

Soeratin Sostrosoegondo sendiri merupakan pendiri organisasi sepak bola terbesar di Indonesia, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Roy menyampaikan hal tersebut di sela-sela ziarah ke makam Soeratin Sostrosoegondo, di TPU Sirnaraga, Bandung, Selasa (12/3).

“Jadi atas nama negara dan pemerintah, kita wajib memuliakan jasa pahlawan. Di sini saya juga sekaligus ingin berpesan kepada pemerintah daerah Kota Bandung, untuk juga mengusulkan nama stadion diselipkan nama Soeratin,” kata Roy.

Menurutnya ini baru usulan, tapi kalau diizinkan Roy akan menghargai sarannya diterima. “Dan itu adalah nama Almarhum Soeratin,” jelasnya.

Selain sebagai salah satu pendiri PSSI, Soeratin juga merupakan ketua umum PSSI periode 1930 sampai 1940. Dia lahir di Yogyakarta, 17 Desember 1898 dan wafat 1 Desember 1959.

Pembangunan SUS Gedebage sendiri kini sudah mencapai 90 persen, dan masih belum memiliki nama. Beberapa usulan mencuat yang kini dilakukan melalui sistem polling. Di antaranya usulan itu ada nama Gelora Bandung Lautan Api, Gelora Gedebage, dan Gelora Rosada.

sumber: merdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s