Sulawesi Tenggara Raih Penghargaan Pelaksanaan LPSE Terbaik

sulawesi tenggara lpse terbaik

Lembaga Pengadaan Secara Elektornik (LPSE) Sulawesi Tenggara meraih penghargaan terbaik satu secara nasional yang diberikan LPSE Pusat. Demikian diungkapkan Gubernur Sultra, Nur Alam, kepada sejumlah media, Rabu (14/11/2012) malam.
Nur Alam menjelaskan bahwa LPSE merupakan sistem yang digunakan oleh pemerintah Provinsi Sultra sejak tahun 2009 lalu dalam pengadaan barang dan jasa, dimana sistem LPSE ini memberikan transparansi dan akuntabel.

“Ada dua komponen penting dalam revitalisasi penyelenggaraan pemerintah daerah yakni reformasi birokrasi dan reformasi pengadaan barang dan jasa. Dalam reformasi pengadaan barang dan jasa ini diperlukan adanya transparansi sehingga semua bentuk pengadaan barang dan jasa yang dipihak ketigakan, yang sumber dananya itu berasal dari APBN, bantuan luar negeri maupun APBD dalam pelaksanaan lelangnya menjadi tuntutan publik, kami dituntut untuk lebih transparan sehingga tidak akan terjadi yang namanya Korupsi, kolusi dan nepotisme,” jelas Nur Alam saat ditemui di kediamannya.

“Dengan adanya tuntutan tersebut, maka kami sebagai pemerintah yang mengutamakan transparansi di hadapan publik menggunakan sistem LPSE, sistem elektronik ini terbuka dan bisa diakses oleh semua mitra meskipun tidak bertemu langsung kepada pengelolah atau penyelenggara proyek,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan bahwa sistem LPSE tidak hanya digunakan oleh pemerintah Provinsi Sultra, melainkan sistem ini juga diajarkan kepada instansi vertikal. Penghargaan tersebut telah diberikan LPSE Pusat pada Jumat (9/11/2012) lalu.

Keberhasilan Sultra yang berhasil berada pada peringkat pertama diraih karena paling banyak memfasilitasi lelang namun eskalasi pengadaan tiket Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP) paling sedikit.

“Setelah tiga tahun menggunakan sistem ini, akhirnya di tahun 2012 kita menjadi yang terdepan karena kita mampu membuktikan bahwa kita paling banyak menggunakan sistem LPSE, namun kita paling sedikit melakukan konsultasi,” tuturnya.

Adapun provinsi yang berada di bawah Sultra yakni Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Sumatera Selatan. Ia juga sempat menyinggung bahwa penghargaan tersebut dipersembahkan untuk masyarakat Sultra.

“Di akhir masa kepemimpinan saya bersama Bapak Saleh Lasata, izinkan saya mempersembahkan penghargaan ini kepada seluruh masyarakat Sultra karena ini merupakan salah satu capaian terbaik kami,” katanya

Sumber : Kendarinews.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s