Tari Lariangi Asal Wakatobi Diusulkan Jadi Budaya Warisan Dunia

tari lariangi warisan budaya dunia asal wakatobi sulawesi tenggara

Wakatobi yang sarat dengan kekayaan potensi budaya, tidak disia-siakan, salah satu instansi terkait, dalam mengangkat potensinya agar diakui dunia. Tahun ini, salah satu budaya Wakatobi, yakni Tari Lariangi, sementara diupayakan, agar menjadi warisan dunia yang diakui lembaga UNESCO.
“Kekayaan potensi budaya Wakatobi, akan digali terus menerus, sehingga upaya-upaya pelestariannya, akan dilakukan dengan maksimal. Potensi budaya yang dimiliki Wakatobi, demikian banyak dan tidak dimiliki daerah lain, sehingga perlu upaya-upaya konkret dalam mengangkat dan melestarikannya,” terang Drs Tawakkal, Kapala dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wakatobi, kemarin.

Dijelaskan tari Lariangi ke UNESCO,  karena sudah banyak kali ditampilkan saat kegiatan-kegiatan publik. “Tarian ini juga pernah ditampilkan di NTB, saat mengikuti salah satu event  nasional di sana. Pendidikan tinggi ternama di Sultra (sulawesi Tenggara) yakni, Unhalu juga sering menjadikan tarian ini sebagai sampelnya. Dan tentu saja, melalui iven sail, sering dipertunjukkan kepada para pengunjung Wakatobi,” kata Tawakkal.

Pengusulan tari asal Kaledupa ini, agar diakui dunia melalui lembaga PBB UESCO, merupakan kepedulian yang harus diperjuangkan, sehingga dapat terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama. Selain Tari Lariangi, akan dilakukan penggalian potensi budaya lainnya, yang masih terpendam. “Karena Wakatobi, memiliki kekayaan budaya yang belum keluar dan hal itu harus digali kembali, sehingga bisa dilestarikan,” ujar Tawakkal.

Sumber : kendarinews.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s